Rabu, 18 Mei 2011

Teknologi Informasi

Diposting oleh Aini di Rabu, Mei 18, 2011
Fasilitas-fasilitas dalam Internet
                Internet mempunyai berbagai fasilitas untuk mendapatkan informasi yang diinginkan dengan cepat dan mudah.  Agar dapat menggunakan fasilitas internet dengan baik, kita harus mampu membedakan fungsi pelayanan yang ada di Internet dan memahami istilah-istilah yang digunakan dalam Internet. Beberapa fasilitas yang terdapat di Internet antaara lain sebagai berikut.
1.       World Wide Web (WWW)
WWW atau yang lebih dikenal dengan web merupakan fasilitas yang berisikan database terdistribusi. Disini bisa mengakses informasi melalui web baik yang berupa teks, gambar, suara, film, maupun animasi multimedia.
2.       Mesin Pencari (search Engine)
Search engine merupakan web yang menyediakan fasilitas untuk mencari informasi yang terdapat di internet. Informasi yang dicari dapat berupa web, gambar, video, peta, dan lain-lain.
3.       E-mail (Electronic mail).
E-mail digunakan untuk berkomunikasi atau berhubungan  langsung dengan orang lain melalui surat elektronik. E-mail yang paling popular saat ini adalah yang berbasiskan web, misalnya Yahoo!Mail dan Gmail. Keduanya menyediakan layanan gratis.
4.       Kelompok Diskusi (Mailing List)
Fasilitas ini digunakan untuk berdiskusi dengan orang lain melalui e-mail.
5.       Forum Diskusi
Perbedaan forum diskusi dengan mailing list adalah pada sarana yang digunakan. Forum diskusi menggunakan sarana web sedangkan mailing list menggunakan sarana e-mail.
6.       Blog
Blog merupaka situs web yang dikelola oleh perseorangan, biasanya berisi catatan pribaadi, liputan kegiatan, dan lainnya seperti gambar atau video pribadi.
7.       Multimedia Streaming
Beberapa situs web yang menyediakan fasilitas multimedia streaming, yakni menayangkan file-file multimedia secara langsung (online).
8.       Toko Online
Beberapa situs web menyediakan fasilitas jual-beli barang secara online. Pembayaran barang biasanya dilakukan melalui kartu kredit atau transfer ke rekening tertentu.

(sumber buku TIK Sma, karangan Yudhistira)


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar

 

Template Copy by Blogger Templates | BERITA_wongANteng |MASTER SEO |FREE BLOG TEMPLATES