Selasa, 28 Januari 2014

Perkembangan Robotika di Dunia

Diposting oleh Aini di Selasa, Januari 28, 2014
          Robot adalah alat mekanika yang dapat melakukan tugas fisik, baik lewat pantauan manusia, maupun bekerja secara komputerisasi yang menghasilkan kecerdasan dan perilaku yang individu. Menurut Karel Capek, pengertian "robot" yang seperti kita kenal sekarang ini. Robot menurut dia adalah sesuatu yang mengarah kepada "monoton", dan "pekerja".          Penciptaan robot yang sesungguhnya bermula dari keinginan manusia untuk membuat tiruan binatang atau manusia itu sendiri. Namun fasilitas pengetahuan pada masa itu nampaknya menjadi kendala terbesar dalam terwujudnya proyek tersebut. Akhirnya, dibuatlah robot sederhana beroda yang digunakan untuk keperluan navigasi, pengamatan tingkah laku, sampai dengan perencanaan jalur. 

       Dalam perkembangan robot dunia, Negara Jepang lah yang lebih menonjol tentang robotika di bandingkan negara lain. Robot di Jepang telah ada sejak zaman Edo [1603-1867] yaitu sebuah boneka mekanik yang dikenal sebagai Karakuri Ningyo. Salah satu robot dari Jepang yang populer adalah ASIMO (Advance Step in Innovative Mobility), robot humanoid yang diciptakan oleh Honda Mtor Company. Meyerupai astronot kecil yang membawa backpack dan bisa berjalan di atas dua kaki dengan kecepatan 6km/jam. Selain Jepang, banyak negara-negara di Eropa dan Amerika yang menciptakan berbagai jenis robot, diantaranya Robotcar, mobil tanpa supir yang dikembangkan oleh Oxford University. Ada juga robot WILDCAT yaitu robot yang memiliki empat kaki yang dapat berjalan dan berlari layaknya cheetah, robot tersebut dapat berari dengan kecepatan 18 mph. 

     Saat ini, robot secara umum berfungsi sebagai penganti pekerjaan manusia seperti membersihkan limbah beracun, untuk operasi medis, untuk keperluan militer dll. Di bidang militer ada robot yang diciptakan untuk digunakan di medan perang yaitu robot menyerupai tank tetapi berukuran kecil dan dilengkapi dengan berbagai macam senjata dan navigasi serta dibuat dari baja layaknya tank sungguhan. Robot ini dikendalikan sepenuhnya dengan menggunakan wireless control. Indonesia juga membuat robot yang sejenis yaitu Saturn. Di dunia kedokteran teknoogi robotika juga mulai digunakan. Terbukti dengan adanya teknologi lengan robotik dimana lengan tersebut terbuat dari robot. Hal ini sangat membantu bagi orang yang lumpuh dan juga lengan robot bisa memberikan harapan jangka panjang untuk orang-orang yang mengalami kelumpuhan.

         Sekarang robot sudah menjadi suatu perangkat yang sangat berguna. Namun rupanya robot tidak hanya mendatangkan berbagai manfaat, tetapi juga kekhawatiran. Karena suatu saat nanti komputer dikhawatirkan akan lebih baik daripada manusia. 

Referensi :
 


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar

 

Template Copy by Blogger Templates | BERITA_wongANteng |MASTER SEO |FREE BLOG TEMPLATES