Komunikasi Organisasi adalah pengiriman atau penerimaan berbagai pesan organisasi didalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi. Bila organisasi semakin besar dan kompleks maka akan mengakibatkan semakin kompleks pula proses komunikasinya. Organisasi kecil yang anggotanya hanya tiga orang, proses komunikasi yang berlangsung relatif sederhana. Tetapi organisasi yang anggotanya seribu orang menjadkan komunikasinya sangat kompleks.
Dalam kehidupan berorganisasi proses komunikasi memegang peranan penting bagi kelancaran kegiatan organisasi (barnard,1938 dalam Hall 1996), sebagai "brain" dalam sebuah organisasi (Morgan, 1986, dalam Hall 1996). Hal ini erat kaitannya dengan fungsi komunikasi dalam organisasi atau kelompok yaitu pengendalian, memotivasi, mengekspresikan perasaan dan informasi. Tanpa komunikasi, perusahaan tidak akan dapat beroperasi dengan baik. Komunikasi merupakan pesoalan penting bagi manajer organisasi (Kanter, 1997, dalam Hall, 1996). Penyelesaian pekerjaan melalui orang lain, hal ini merupakan suatu tugas yang mengharuskan setiap manajer berkomunikasi dengan orang lain. Seringkali komunikasi digunakan manajer untuk meyakinkan bahwa perintah-perintah dari atasan telah dipahami dan dilaksanakan dengan benar. Komunikasi dalam organisasi juga digunakan untuk menangkap sikap, tanggapan dan berbagai bentuk aspirasi bawahan oleh atasan guna mengembangkan berbagai pekerjaan yang lebih sesuai dengan tingkah laku bawahan. Jalur-jalur komunikasi, yang terbuka kadang-kadang diciptakan untuk memperlancar arus informasi ke atas maupun ke bawah.
Bentuk-Bentuk Komunikasi
1. Interpersonal/ Tatap Muka
- Informal
- Tanpa terencana
- Efek yang ditimbulkan bisa ketiga ketiganya (afeksi, Kognisi, psikomotorik) karena
antara yang berkomunikasi terlibat dialog bat in face to face, langsung.
2. Kelompok/Grup
- Jumlah lebih dari 2 orang
- Formal
- Terencana
Referensi : - Wiryanto, Pengantar Ilmu Organisasi
- Saerang, Ivonne and Nelwan, Olivia S. and Parengkuan, Tommy (2010)
PENTINGNYA KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI. Jurnal Mega
Digma, 3 (1). pp. 69-78. ISSN 1979-9905
- e-book
Free Template Blogger
collection template
Hot Deals
BERITA_wongANteng
SEO
theproperty-developer