Minggu, 13 Oktober 2013

Keistimewaan Android Kit Kat

Diposting oleh Aini di Minggu, Oktober 13, 2013 0 komentar
          Seperti yang kita ketahui, penamaan versi Android selalu menggunakan nama makanan yang sebagian besar adalah makanan penutup seperti Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean. Tidak hanya itu, penamaan untuk versi Android pun juga berdasarkan abjad. 

       Kali ini, penamaan untuk sistem operasi versi terbaru Android dinamakan KitKat. Penamaan Kit Kat pada versi Android terbaru kali ini cukup mengejutkan masyarakat karena seperti yang kita tahu bahwa banyak masyarakat mengira penamaan pada versi Android terbaru adalah Key Lime Pie tapi ternyata penamaan versi Android terbaru adalah Kit Kat. Banyak masyarakat tahu bahwa Kit Kat adalah manisan coklat buatan Nestle yang populer  dan diproduksi di 20 negara termasuk Indonesia. Tapi kini, masyarakat tidak hanya mengenal Kit Kat sebagai manisan coklat buatan Nestle tetapi juga sebagai sistem operasi Android terbaru. 

       Saya sebenarnya belum mengetahui pasti keistimewaan pada KitKat karena Android KitKat ini dikabarkan akan dirilis pada 15 Oktober 2013 dan Google pun belum memberitahukannya secara resmi kepada masyarakat. Namun, keistimewaan yang diharapkan akan hadir pada KitKat adalah   
 - Display layar high definition yang lebih baik
 - Improvisasi ketahanan baterai
 - Sinkrinisasi antar perangkat

    Tidak hanya itu, kabarnya Android KitKat dapat digunakan untuk smartphone Android dari kelas high-end hingga low-end. KitKat ini dapat digunakan di smartphone yang berukuran mulai 512Mb.  Keistimewaan lain yang diperkirakan akan hadir pada KitKat yaitu konsep tampilan antarmuka bernuansa cerah pada Kitkat. Berbeda dengan tampilan Android sebelumnya, dial pad pada KitKat memiliki warna dasar putih beserta tombol angka berwarna biru muda. Tampilan bar juga dikabarkan dapat berubah-ubah menyesuaikan dengan tema aplikasi yang sedang dibuka oleh pengguna. 


          
    




Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

Selasa, 01 Oktober 2013

Keuntungan dan Kerugian Mobil Murah

Diposting oleh Aini di Selasa, Oktober 01, 2013 0 komentar
           Akhir-akhir ini, masyarakat sedang ramai membicarakan mobil murah. Namun, apakah ini solusi untuk masyarakat menengah kebawah agar bisa mempunyai mobil pribadi?. Walaupun judulnya adalah mobil murah tapi menurut saya itu tidak sebanding harganya dengan penghasilan masyarakat menengah kebawah. Karena masih banyak masyarakat menengah kebawah yang belum mempunyai penghasilan lebih dari cukup perbulannya yang mungkin akan tidak mencukupi untuk membeli mobil murah. Seperti yang kita ketahui, hampir semua yang dijual saat ini harganya naik akibat kenaikan BBM. Maka dari itu, bagi kalangan menengah kebawah kemungkinan masih belum bisa untuk membeli mobil murah karena masih harus membeli kebutuhan sehari-hari dan lain-lain yang harganya mahal akibat kenaikan BBM. 
       
         Walaupun demikian, mobil murah ini tetap mempunyai keuntungan karena komponen-komponennya berasal dari dalam negeri. Sehingga produksi otomotif lokal dapat semakin tumbuh dan berkembang. Tidak hanya itu, hal ini pun juga akan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Keuntungan yang lainnya yaitu mobil murah ini mendapatkan keringanan pajak bagi penjualan mobil hemat energi. 
           
         Meskipun ada keuntungannya, tetapi menurut saya kerugian dari adanya mobil murah ini menjadi masalah utama. Karena dengan adanya mobil murah ini akan menyebabkan jalanan ibu kota semakin macet karena masyarakat di ibu kota sudah cukup banyak yang mempunyai kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. tidak hanya itu, alat transportasi yang ada juga cukup banyak seperti angkutan umum, busway, metro mini, bus patas dan taksi. Lahan parkir untuk mobil pun juga akan semakin tidak terpenuhi sebab area parkir akan cepat penuh karena akan banyak yang menggunakan mobil dan akibatnya masyarakat akan parkir mobil di sembarang tempat. Hal yang mungkin juga terjadi adalah pelebaran jalan, dimana sebenarnya bukan solusi yang terbaik untuk mengurangi kemacetan karena akan semakin berkurangnya lahan untuk penghijauan.

     Sebaiknya pemerintah fokus untuk memperbaiki transportasi umum dulu seperti keamanan dan kenyamanannya. Jika transportasi umum sudah terjamin keamanan dan kenyamananya masyarakat dari semua kalangan akan berminat untuk menggunakan transportasi umum sehingga kemacetan pun akan berkurang. Dan jika mobil murah akan tetap diproduksi sebaiknya mobil murah yang akan dijual di ibu kota diproduksi sedikit untuk mencegah volume kendaraan yang semakin meningkat. Untuk masyarakat juga jangan mudah tergiur dengan adanya mobil murah ini karena belum tentu mobil murah ini terjamin keamanan dan kenyamanannya. 



             
               


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

Tips dan Trik Mempelajari Bahasa Indonesia

Diposting oleh Aini di Selasa, Oktober 01, 2013
               Seperti yang sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa yang cukup simple karena bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa yang cukup mudah dipelajari. Namun beberapa dari kita masih belum mengetahui arti kata bahasa Indonesia. Salah satu contohnya adalah kata "kudeta" yang sering kita lihat ditelevisi ataupun dikoran ketika sedang membahas suatu berita. Arti dari kata kudeta adalah perebutan kekuasaan (pemerintahan) dengan paksa. 

Untuk mempelajari bahasa Indonesia lebih mudah, berikut beberapa tips dan trik nya.
1. Mempunyai Kamus Bahasa Indonesia 
    kebanyakan dari kita hanya mempunyai kamus bahasa Inggris atau bahasa lainnya dirumah. Padahal beberapa dari kita masih bingung dengan arti bahasa indonesia itu sendiri. Maka dari itu diperlukan juga untuk mempunyai kamus bahasa Indonesia agar kita mengenal arti bahasa kita sendiri yaitu bahasa Indonesia.

2. Sering Membaca.
    Sering-sering lah membaca artikel dikoran, internet, dan juga buku. Karena terkadang terdapat kosakata yang belum diketahui. Maka tidak hanya pengetahuan dari buku atau artikel yang didapat tetapi juga kosakata baru yang belum diketahui. Dengan begitu, wawasan kita pun semakin luas.

3. Mempelajari Tata Bahasa.
    Dalam menulis, kita perlu menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. seperti dalam menggunakan huruf kapital yang biasa digunakan pada huruf pertama awal kalimat, huruf cetak miring digunakan untuk tulisan yang bukan bahasa Indonesia, singkatan digunakan untuk gelar atau jabatan, pemakaian tanda baca seperti titik, koma, titik koma, tanda tanya, dan masih banyak lagi tata bahasa yang ada.


             

  
    


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

Jumat, 27 September 2013

Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa Indonesia?

Diposting oleh Aini di Jumat, September 27, 2013
          Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia mempunyai bahasa daerah yang cukup banyak. maka dari itu, masyarakat Indonesia harus mempelajari bahasa indonesia agar masyarakat Indonesia yang berasal dari berbagai macam daerah dapat berkomunikasi dengan lebih mudah yaitu dengan menggunakan satu bahasa yaitu bahasa Indonesia.
    
     Namun, beberapa dari kita beranggapan bahwa kita sudah mengerti bahasa Indonesia karena banyak orang yang sudah menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa sehari-hari. Padahal sebenarnya, beberapa dari kita masih belum mengetahui betul cara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. tidak hanya itu, terkadang kita masih sedikit bingung membedakan beberapa kata bahasa Indonesia seperti kata ganti "kita" dan "kami". Perbedaan kata ganti "kita" adalah yang berbicara bersama dengan orang lain termasuk yang diajak bicara, Sedangkan kata ganti "kami" adalah yang berbicara tetapi tidak termasuk orang yang diajak bicara. contoh penggunaan kata "kami" adalah yang menulis atas nama kelompok tetapi tidak termasuk pembaca. Walaupun demikian, bahasa Indonesia lebih simple daripada bahasa Inggris. contohnya, dalam bahasa Indonesia kata "dia" dan "pacar" tidak menunjukan dia perempuan atau dia laki-laki. sedangkan dalam bahasa Inggris kata she dan girlfriend menunjukan perempuan, he dan boyfriend berarti menunjukan laki-laki.  

        Ketika kita belajar bahasa indonesia, kita menjadi tahu cara-cara menulis yang baik dan benar. Seperti cara menulis surat, menulis cerpen, menulis novel, menulis karya ilmiah, menulis lamaran kerja dll. Tidak hanya diajarkan cara-cara menulis tetapi juga diajarkan berpidato, menganalisis novel, dan  diajarkan menggunakan bahasa yang baik dan benar baik itu lisan ataupun tulisan. Maka dari itulah kita harus belajar bahasa Indonesia.


Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

Rabu, 10 Juli 2013

Management Blue Ocean Strategy (BOS)

Diposting oleh Aini di Rabu, Juli 10, 2013

Management Blue Ocean Strategy
(BOS)



                                                             
  
                                                                      Disusun Oleh :

Anton Parsaoran                     10111986
Desy Indriani Ratnasari         11111917      
Nur Aziz                                   15111292
Nuraini                                     15111334                              
Paramita Diani                        15111510


       





Universitas Gunadarma
                                                          2013











KATA PENGANTAR

Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga makalah dengan tema Blue Ocean Strategy dapat terselesaikan.
Karya tulis ini dibuat dalam rangka memenuhi tugas  mata kuliah softskill Teori Organisasi 2. kami ucapkan terima kasih kepada Bpk  JULIUS NURSYAM SI selaku dosen mata kuliah soft skill teori organisasi 2 yang telah banyak memberikan bimbingan dan pengarahan sehingga makalah ini dapat selesai tepat pada waktunya.

Makalah Blue Ocean Strategy ini masih sangat jauh dari kesempurnaan, mengingat kami masih dalam tahap belajar, untuk itu penulis mohon kritik dan sarannya. Pada akhirnya semoga dengan makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.


                                                                                               Jakarta,
                                                                                               

                                                                                                                          Penyusun
                                                                                               



BAB  I
PENDAHULUAN

1.1                         Latar Belakang
Samudera Biru, menggambarkan sebuah ruang pasar yang belum terjelajahi, dimana penciptaan permintaan permintaan dan peluang pertumbuhan yang sangat menguntungkan. Meskipun sejumlah samudera biru benar-benar diciptakan diluar industri yang sudah ada, tetapi pada kenyataannya kebanyakan di buat dari dalam samudera merah dengan cara memperluas batasan-batasan industri yang telah ada seperti yang dilakukan Cirque du Soleil yang memandang lebih kreatif Segmen pasar yang sudah ada sehingga dilakukan extensifikasi Market Segmen ke Orang dewasa dan korporat yang saat itu belum tergarap.

1.2            Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah :
1.     Pengertian Blue Ocean Strategy
2.      Blue Ocean Strategy  
3.      Contoh Blue Ocean Strategy  

1.3            Tujuan Makalah
Makalah ini dibuat dengan tujuan sebagai pemenuhan tugas  soft skill teori organisasi 2 sekaligus sebagai literatur tambahan bagi mahasiswa atau pembaca yang ingin menambah wawasan yang mencakup management Blue Ocean Strategy.
                                                                      
BAB II

2.1. Pengertian Blue Ocean Strategy

Blue ocean strategy adalah istilah dalam ilmu manajemen strategi yang merujuk pada siasat untuk menciptakan pasar baru yang belum dipenuhi persaingan yang ketat. Hal ini dilakukan dengan menciptakan dan menjangkau demand baru yang belum dipikirkan oleh para pesaing.  Blue ocean strategy pada dasarnya merupakan sebuah siasat untuk menaklukan pesaing melalui tawaran fitur produk yang inovatif, dan selama ini diabaikan oleh para pesaing. Fitur produk ini biasanya juga berbeda secara radikal dengan yang selama ini sudah ada di pasar.
 blue ocean mendorong pelakunya untuk memasuki sebuah arena pasar baru yang potensial, dan yang selama ini “dilupakan” oleh para pesaing. Hal ini tentu berbeda dengan red ocean, dimana semua kompetitor memberikan tawaran fitur produk yang seragam, sama, dan semua saling memperebutkan pasar yang juga sama. Alhasil, yang acap terjadi adalah pertarungan yang berdarah-darah, lantaran arena persaingan diperebutkan oleh para pemain yang menawarkan keseragaman produk dan pendekatan.
Esensi dari strategi blue ocean adalah mengidentifikasi dan mencari potensi pasar baru yang masih belum disadari oleh pemain lain. Dengan demikian suatu perusahaan bisa melenggang sendirian menguasai pasar itu; sebelum para pemain lain menyadarinya.

2.2.Blue Ocean Strategy

Strategi ini menantang perusahaan untuk keluar dari persaingan dengan cara menciptakan ruang pasar yang belum ada pesaingnya, dengan kompetisis pun tidak menjadi relevan. Strategi Samudra Biru mengikuti logika strategis yang disebut inovasi nilai. Inovasi nilai memberikan penekanan setara pada nilai dan inovasi. Inovasi nilai terjadi hanya ketika perusahaan memadukan inovasi dengan utilitas, harga dan posisi biaya. Inovasi nilai diciptakan dalam wilayah dimana tindakan perusahaan secara positif mempengaruhi struktur biaya dan tawaran nilai bagi pembeli. Penghematan biaya dilakukan dengan menghilangkan dan mengurangi factor-faktor yang menjadi titik persaingan dalam industri. Penciptakan samudera biru adalah soal menekan biaya sembari meningkatkan nilai bagi pembeli. Nilai Pembeli  berasal dari utilitas dan harga yang ditawarkan perusahaan kepada pembeli. Nilai Perusahaan dihasilkan dari harga dan struktur biaya. Inovasi nilai tercapai hanya ketika keseluruhan sistem kegiatan utilitas, harga, dan biaya perusahaan terpadu dengan tepat. Pendekatan keseluruhan sistem ini yang menjadikan penciptaan samudera biru sebagai sebuah strategi berkesinambungan.
Strategi Samudra Biru
  • Menciptakan ruang pasar yang belum ada pesaingnya
  • Menjadikan kompetisis tidak relevan
  • Menciptakan dan menangkap permintaan baru
  • Mendobrak pertukaran nilai-biaya
  • Memadukan keseluruhan sistem kegiatan perusahaan dalam mengejar diferensiasi dan biaya rendah
a. Enam Prinsip Strategi Samudra Biru
Prinsip-prinsip Perumusan

  1. Merekontruksi batasan-batasan pasar
  2. Fokus pada gambaran besar, bukan pada angka
  3. Menjangkau melalui permintaan yang ada
  4. Melakukan rangkaian strategis dengan tepat

  Faktor Risiko yang ditangani oleh setiap prinsip
1.        Kurangnya Risiko pencarian

2.        Kurangnya Risiko perencanaan

3.        Kurangnya risiko skala

4.        Kurangnya risiko model bisnis


               
Prinsip-prinsip Eksekusi/Pelaksanaan


  1. Mengatasi hambatan-hambatan utama dalam Organisasi
  2. Mengintegrasikan eksekusi ke dalam strategi


Faktor Risiko yang ditangani oleh setiap prinsip

5.          Kurangnya risiko organisasi

6.          Kurangnya risiko manajemen

b. Four Action Framework
1. Eleminasi : Faktor (fitur) apa yang taken for granted, namun sebenarnya bisa dieliminasi? Dalam industry Anda, fitur apa yang sebenarnya tidak begitu penting namun karena kebiasaan, selalu ditawarkan kepada pelanggan.
2. Mengurangi : Faktor (fitur) apa yang sebaiknya dikurangi jauh di bawah standar industri? Dalam industri Anda, fitur apa yang sebaiknya dikurangi karena tidak memberikan value yang tinggi kepada pelanggan.
3. Meningkatkan : Faktor (fitur) apa yang sebaiknya ditingkatkan jauh di atas standar industri? Dalam industri Anda, fitur apa yang sebaiknya diberikan karena mampu memberikan value yang sangat tinggi kepada pelanggan; meski mungkin fitur ini sudah ditawarkan oleh para pesaing.
4. Menciptakan : Faktor (fitur) apa yang sebaiknya diciptakan yang belum pernah ditawarkan oleh industri? Dalam industri Anda, fitur baru apa yang sebaiknya diciptakan; fitur baru yang mampu memberikan value tinggi kepada pelanggan, dan selama ini belum pernah ditawarkan oleh pelanggan.
c. Perumusan Strategy Blue Ocean
1. Merekonstruksi batasan-batasan pasar untuk menjauh dari kompetisi dan
    menciptakan samudra biru
  Enam Langkah merekonstruksi batasan-batasan Pasar :
-      Mencermati industri-industri alternative
-      Mencermati kelompok-kelompok Strategis dalam Industri
-      Mencermati Rantai Pembeli
-      Mencermati Penawaran Produk dan Jasa Pelengkap
-      Mencermati Daya Tarik Emosional atau Fungsional bagi Pembeli
-      Mencermati Waktu
2.  Fokus pada Gambaran Besar, Bukan pada Angka
Empat langkah dalam memvisualkan strategi
-      Kebangkitan Visual
-      Eksplorasi Visual
-      Pameran Strategi Visual
-      Komunikasi Visual

3. Menjangkau Melampaui Permintaan yang Ada
          Perusahaan harus menentang dua praktik strategi konvensional, pertama, berfokus pada konsumen yang ada. Kedua, dorongan mempertajam segmentasi demi mengakomodasi perbedaan di pihak pembeli.
4. Mengatasi Rintangan-rintangan Utama Organisasi
Strategi samudra biru dilandaskan pada pergeseran dari konvergensi ke divergensi ke dalam kurva nilai dengan biaya rendah. Hal ini meningkatkan kadar kesulitan eksekusi.
5.Mengintegrasikan Eksekusi ke dalam Strategi
Agar dapat membangun kepercayaan dan komitmen orang-orang dalam hierarki dan mendorong kerja sama sukarela, maka perusahaan harus mengintegrasikan eksekusi ke dalam strategi sejak awal


2.3  Contoh Blue Ocean Strategy
    Contoh yang paling fenomenal dari dari kisah blue ocean ini misalnya dapat dilihat pada kisah keberhasilan Yamaha dengan skutik Mio-nya. Dulu sebelum motor jenis ini muncul, pasar sepeda motor didominasi oleh jenis konvensional dengan Honda sebagai penguasanya. Melalui skutik Mio, Yamaha mengintroduksi motor dengan fitur yang berbeda secara radikal dengan produk yang selama ini ada di pasaran. Ia juga segera membidik segmen pasar baru (new market segment) yakni para pelanggan perempuan (female bikers). Dengan pendekatan blue ocean ini, saat itu praktis Yamaha berenang dalam arena pasar baru, yang tidak ada players lain didalamnya. Dengan mudah Yamaha memimpin pasar baru itu, dan itu terus bertahan hingga kini. Keberhasilan ini memang fenomenal, sebab melalui Mio-lah, Yamaha kemudian pelan-pelan merangsek singgasana yang sudah puluhan tahun digenggam sang jawara, Honda.
Contoh blue ocean strategy yang juga legendaris adalah drama kemenangan produk iPod dari Apple yang merebut habis pasar musik digital. Produk iPod ini sungguh inovatif, dan sama sekali berbeda dengan produk sebelumnya, seperti walkman atau CD music player yang dikuasai oleh Sony. Digitalisasi musik adalah fitur kunci dari iPod, selain kemudahan penggunaannya. Dengan segera iPod menguasai pasar baru musik digital, dan jauh meninggalkan Sony yang terpuruk dalam debu keterpurukan dan luka kekalahan.
Contoh lain blue ocean strategy yang tak kalah dramatis tentu saja adalah kisah mendiang mbah Surip dengan lagu Tak Gendong-nya. Ketika arena musik tanah air didominasi oleh musik pop yang mendayu-dayu, ia hadir menawarkan produk dengan fitur yang secara radikal berbeda dengan yang selama ini ada di pasaran : sepotong lagu reggae yang jenaka dalam balutan gaya bohemian. Plus selarik tagline yang amat brilian : I love you full. Dengan segera ia menjelma menjadi ikon baru, menciptakan new market space, dan dalam arena ini ia dengan mudah menaklukkan pasar.
Kisah Yamaha Mio, iPod, dan mbah Surip adalah sepenggal kisah tentang bagaimana konsep blue ocean strategy dibentangkan dalam kenyataan. Semua kisah ini selalu diawali dengan kejelian melihat potensi pasar yang selama ini diabaikan oleh para kompetitor. Dan kemudian semuanya segera disertai dengan tawaran produk dengan fitur yang unik, inovatif dan berbeda (different) dengan yang selama ini ada di pasar. Melalui cara itulah, para pelaku blue ocean strategy kemudian bisa menciptakan ruang pasar baru, menjangkau new market demand dan sekaligus membuat kompetisi menjadi tidak relevan. Atau mungkin lebih tepatnya : mereka kemudian bisa meninggalkan para pesaingnya dalam rintihan kekalahan. Mio melesat jauh meninggalkan Honda Beat. iPod membuat produk audio Sony tergeletak sekarat dalam ambang kehancuran. Dan nama mbah Surip tiba-tiba melambung, sebelum akhirnya benar-benar melesat menembus langit tuju bidadari.

BAB  III

PENUTUP

 3.1 Kesimpulan
Strategi blue ocean tak pelak merupakan salah satu siasat yang barangkali mesti dilakukan manakala sebuah perusahaan hendak terus memenangkan kompetisi bisnis yang kian keras. Sebab dengan inilah, mereka kemudian bisa terus menciptakan produk inovatif yang akan digemari para pelanggannya. Dengan cara ini pula, para pelanggan akan senantiasa bisa jatuh hati dengan beragam produk yang ditawarkan










DAFTAR PUSTAKA









  

                                                                                                                                   





Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer
 

Template Copy by Blogger Templates | BERITA_wongANteng |MASTER SEO |FREE BLOG TEMPLATES